Tirukural
Tuntunan Bijak Dari Masa ke Masa
Alih Bahasa dan Tafsir: AS. KOBALEN, M.Phil.
2.
Porul - Kemakmuran (Bab
71-80)
Bab 71: Pengetahuan
tentang Pikiran Melalui Petunjuk Wajah
701 |
Tanpa
harus berkata, orang yang memahami pikiran pemimpinnya merupakan hiasan dunia
yang dibatasi oleh laut yang tidak pernah berubah. |
702 |
Hormatilah
dia, karena dia memiliki persepsi tanpa keraguan tentang apa yang melintas di
pikiran orang lain. |
703 |
Dengan
pengorbanan apa pun, jadikan dia anggota kabinet, yang dapat menilai, dari
apa yang dapat dilihatnya pada orang lain |
704 |
Semua
orang memiliki bentuk yang sama, tapi memiliki tempat khusus karena mampu
membaca pikiran tanpa kata- kata. |
705 |
Mata
adalah anggota tubuh terbaik, tapi apa gunanya kalau mata tersebut tidak
mampu membaca pikiran orang lain melalui ungkapan wajahnya? |
706 |
Cermin
menunjukkan gambaran benda-benda didekatnya, tapi meskipun demikian wajahnya
menunjukkan emosi yang bergejolak dalam pikirannya. |
707 |
Adakah
sesuatu yang lebih halus dan lebih peka dari pada wajah? Ini akan menunjukan
hal yang baik dan buruk. |
708 |
Berdiridan
hadapi dia ini sudah cukup untuk membaca apa yang sedang dipikirkan |
709 |
Mata
menunjukan sikap bersahabat atau bermusuhan bagi orang bijak yang mampu membaca
perubahan suasana hati hanya dari tampak luarnya saja. |
710 |
Tongkat
jujur bagi otak yang pintar tidak lain daripada mata yang membeberkan rahasia
yang sedang tersembunyi |
Bab 72: Pengetahuan
Tentang Dewan
711 |
Biarkan
orang bijak yang memahami cara menggunakan kata - kata dalam penguasaan
sidang/khalayak guna menyampaikan pidatonya dengan kearifan. |
712 |
Orang
bijak yang mangetahui cara menggunakan kata - kata harus mempelajari khalayak
dan berbicara kepada mereka dengan pengertian jelas. |
713 |
Mereka
yang berbicara panjang lebar tanpa memahami sifat khalayaknya tidak dapat
mengesankan mereka yang mendengar. |
714 |
Di
hadapan orang bijak, sampaikanlah kebijaksanaan yang penuh pencerahan. Di
hadapan orang bodoh diam dan senyumlah. |
715 |
Bersikaplah
rendah hati, menahan diri, jangan berdebat di hadapan para sepuh yang
terdidik. Kerendahan hati ini melebihi semua kebaikan lain. |
716 |
Mengucapkan
omong kosong di hadapan orang bijak yang terdidik bagaikan jatuh dari puncak
kebaikan. |
717 |
Ilmu
cendekiawan akan bersinar di hadapan sidang cendekiawan yang berilmu tinggi
dan mengetahui ilmu menyampaikan kata. |
718 |
Berbicara
kepada khalayak yang mudah mengerti dan mau mendengar bagaikan menyirami
persemaian tumbuhan |
719 |
Mereka
yang dapat berbicara baik kepada khalayak yang sesuai jangan biarkan mereka
berbicara kepada khalayak bodoh bahkan dalam keadaan kurang konsentrasi
sekalipun. |
720 |
Wacana
yang disampaikan kepada pendengar yang bersikap memusuhi dan simpatik adalah
bagaikan menuangkan madu manis ke selokan yan berair keruh. |
Bab 73: Tidak
Takut Kepada Dewan
721 |
Mereka
yang memiliki kecerdasan tinggi mengetahui suasana hati dan cara sikap
khalayak. Mereka tidak akan gugup pada waktu. |
722 |
Dia
adalah cendekiawan mengesankan dalam pidatonya di antara para cendekiawan.
Pendidikan itu bersinar dari ungkapannya. |
723 |
Tentara
menghadapi musuh dan tewas di medan perang. Sedikit sekali yang menghadapi
dewan bijak dengan argumen yang berani. |
724 |
Kesankan
khalayak terdidik dengan ilmu Anda. Belajarlah lebih banyak lagi dengan
cendekiawan pintar yang matang dalam kebijaksanaan. |
725 |
Pelajarilah
secukupnya logika dan tata bahasa untuk dengan berani menyangkal kebenaran
argumen yang seimbang dan mempertahankan sudut pandangmu |
726 |
Apa
gunanya pedang bagi orang yang tidak memiliki keberanian. Apa gunanya ilmu
bagi orang yang sungkan menyampaikan pidato kepada khalayak yang pintar. |
727 |
Ilmu
orang yang sungkan di hadapan suatu sidang bagaikan kilau pedang seorang
pengawal raja di hadapan musuh- musuhnya |
728 |
Meskipun
ilmu beragam, mereka yang tidak dapat berbicara dengan efektif di hadapan
khalayak tidak akan ada gunanya. |
729 |
Adalah
lebih rendah dari orang yang buta aksara, mereka yang setelah menuntut ilmu,
kehilangan nyalinya di hadapan khalayak yang terdiri dari orang bijak. |
730 |
Meskipun
hidup keadaan mereka sama seperti mati, kalau tidak dapat mengungkap apa yang
telah mereka pelajari di hadapan orang bijak. |
Bab 74: Negara
731 |
Hasil
panen yang bertambah, jiwa yang patut dipuji dan hati yang penuh suka cita.
Mereka tidak akan gugup pada waktu berbicara. |
732 |
Itu
adalah sebuah negeri yang didambakan karena kekayaannya yang besar dan karena
menghasilkan panen yang melimpah dan bebas dari hama. |
733 |
Bangsa
yang besar dengan sabar memikul beban berat pengeluaran dan membayar pajaknya
dengan cepat untuk menutupi beban itu. |
734 |
Itu
adalah negeri yang bebas dari kelaparan, dari penyakit yang tidak terobati
dan dari musuh yang berbahaya. |
735 |
Ini
adalah sebuah negeri damai di mana tidak ada aliran agama, tidak ada musuh
dalam selimut yang akan menghancurkannya dan juga tidak ada pengkhianat . |
736 |
Negeri
yang paling baik tidak mengenal kehancuran dari serangan musuh. Bahkan bila
negeri ini dinganggu oleh, kekayaan akan tetap bertambah. |
737 |
Anggota
badan negera yang ideal adalah: air hujan, air yang berasal dari mata air,
bukit, sungai, dan benteng yang kuat. |
738 |
Ada
lima hiasan suatu negeri: kesehatan rakyatnya yang merata, kekayaan yang
melimpah hasil panen yang melimpah, kebahagiaan dan kekuatan pertahanan. |
739 |
Ini
adalah negeri yang menghasilkan pangan besar dan tidak memerlukan bantuan
asing. Ini bukanlah negeri yang memerlukan pekerja keras. |
740 |
Suatu
negeri mungkin dianugerahi semua pemberian ini, namun tidak akan ada gunanya
jika tidak ada pemimpin yang kuat untuk mempertahankan perdamaian. |
Bab 75: Pertahanan
741 |
Bahkan
bagi pihak yang kuat, benteng itu bernilai, benteng memiliki nilai bahkan
bagi mereka yang ingin membela diri dalam rasa takut. |
742 |
Benteng
yang baik memiliki air mancur Kristal, dataran berpasir, bukit, dan tempat
rindang yang terdiri dari hutan lebat. Ini semua akan membuatnya sulit
diterobos. |
743 |
Ilmu
kemiliteran menyatakan bahwa benteng yang tidak dapat ditaklukkan harus
tinggi, lebar, kuat dan tidak dapat diterobos. |
744 |
Benteng
yang ideal memiliki ruang yang cukup luas di dalamnya tapi mudah
dipertahankan dan dijaga. Benteng ini dapat mematahkan perlawanan musuh
dengan berani. |
745 |
Benteng
harus sangat kuat sehingga musuh tidak dapat menyerangnya. Benteng ini harus
menyimpan makanan dan harus sesuai dengan garnisunnya. |
746 |
Itu
adalah benteng yang banyak memiliki perbekalan dan sebuah garnisun untuk
mempertahankannya jika diperlukan (dalam masa kesusahan). |
747 |
Itu
adalah benteng yang tidak dapat direbut oleh invasi, serangan atau tipu daya. |
748 |
Itu
adalah benteng yang memungkinkan garnisunnya bertahan menghadapi musuh kuat
sekalipun yang sedang dan telah mengepungnya. |
749 |
Itu
adalah benteng yang ketika mula-mula dikepung sanggup mengalahkan musuhnya
dan dengan tindakannya yang meyakinkan mampu menunjukkan kebesarannya. |
750 |
Apapun
kehebatan ini semua, suatu benteng tidak akan ada gunanya bagi mereka yang
tidak dapat menunjukkan kejayaan dalam tindakan mereka. |
Bab 76: Cara
Mengumpulkan Kekayaan
751 |
Tidak
ada selain kekayaan yang dapat mengubah seseorang yang tidak berharga menjadi
sebaliknya. |
752 |
Orang
miskin dihina oleh semua orang; orang kaya dihormati oleh semua orang. |
753 |
Kekayaan
adalah dian yang tak kunjung padam yang menjangkau apapun di mana pun
diperlukan dan membuyarkan kegelapan. |
754 |
Kekayaan
diperoleh dengan cara-cara yang benar, dan dengan pekerjaan yang jujur.
Kekayaan seperti itu akan mendatangkan kebaikan dan kebahagiaan. |
755 |
Jauhilah
uang yang diperoleh bukan dengan kasih sayang, kebaikan dan kemurahan hati.
Uang seperti ini memalukan.. Orang yang jujur akan menjauhinya. |
756 |
Harta
benda yang tidak memiliki ahli waris, barang yang diselundupkan, pungutan
pajak, cukai dan rampasan perang adalah milik Negara. |
757 |
Rasa iba adalah anak yang lahir
dari rasa kasih sayang ibu angkatnya
yang kaya raya. |
758 |
Apa
yang telah dicapai orang yang memiliki kekayaan sama dengan menyaksikan
pertarungan antara gajah yang telah menaiki bukit dan sampai di puncaknya. |
759 |
Biarkan
kekayaan terhimpun, ini adalah baja yang mematahkan kebanggaan musuh dan
tidak ada yang lebih tajam lagi. |
760 |
Mereka
yang telah menimbun kekayaan yang melimpah dengan mudah mendapatkan dua yang
lain lagi: kebaikan dan kesenangan. |
Bab 77: Keagungan
Pasukan Tentara
761 |
Kekayaan
utama suatu negeri adalah pasukan dengan persenjataannya lengkap dan mampu
menaklukan musuh tanpa takut cedera. |
762 |
Pahlawan
tradisioanl yang gagah berani tidak ketakutan jika menghadapi krisis, mereka akan
mempertahankan medan tempur dengan mengorbankan nyawa. |
763 |
Bagaimana
jika musuh datang bagaikan gemuruh laut yang penuh badai? Sambaran ular kobra
melenyapkan lautan tikus. |
764 |
Itu
saja sudah merupakan pasukan yang tidak pernah mengalami kekalahan, belum
pernah berhianat dan memenangi suatu tradisi karena keberaniannya. |
765 |
Itu
saja sudah merupakan pasukan yang berani menghadapi kematian dan bergerak
maju dan amarah dan menghadapi kematian dalam keadaan bersatu. |
766 |
Keberanian,
kehormatan, tradisi besar dan kesetiaan ini semua dan kemudian bergerak maju
menebus garis pertahanannya. |
767 |
Itulah
pasukan yang tahu bagaimana menghadapi serangan musuh dan kemudian bergerak
maju menesbus garis pertahanannya. |
768 |
Meskipun
tidak mampu bertahan dan menyerang, suatu pasukan akan memenangkan dan
memperoleh kehormatan karena kuatnya persatuan teamnya. |
769 |
Suatu
pasukan akan menang kalau tidak merasa patah semangat dan kalau tidak merasa
kekurangan |
770 |
Pasukan
tanpa jenderal tidak mampu bertahan meskipun terdiri dari banyak
purnawirawan. |
Bab 78: Semangat
Pahlawan Para Prajurit
771 |
“Musuhku
jangan berani menghadapi pemimpinku di medan tempur, banyak orang yang berani
menantangnya kini terbaring dalam kubur”. |
772 |
Menggenggam
tombak dan membidikkannya pada seeokar gajah dan kemudian tidak mengenainya
adalah lebih baik daripada anak panah yang telah mengenai kelinci di hutan. |
773 |
Tidak
menunjukkan sikap memaafkan dikatakan sebagai hal yang sangat dipuji dalam
keberanian, menolong musuh yang dalam keadaan lemah akan lebih menajamkan
keberanian. |
774 |
Setelah
melemparkan tombaknya kearah seekor gajah dia dengan senang mencabut tombak
yang tertancap di tubuhnya sendiri. |
775 |
Kalau
matanya yang garang berkedip dan kalau air mukanya berubah setelah melihat
tombak dilemparkan, apakah ini bukan hal yang memalukan bagi ksatria? |
776 |
Pahlawan
yang gagah berani akan menganggap suatu hari itu tidak ada artinya kalau dia
tidak mengalami luka dalam pertempuan. Dia bertualang setiap hari. |
777 |
Mereka
yang merendahkan hidup demi kemasyhu-ran yang menyebar kemana-mana hiasan
mata kaki yang mereka pakai hanyalah hiasan. |
778 |
Pahlawan
yang gagah berani lebih takut kehilangan ketenaran daripda kehilangan nyawa.
Mereka bergegas masuk ke medan tempur tanpa memperhatikan peringatan raja. |
779 |
Siapa
yang akan menyalahkan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa mereka dalam
pertempuran dan tetap menjunjung tinggi sumpah mereka. |
780 |
Kematian
yang berani demikian heroic patut dipuji, yang mampu meneteskan airmata penguasa. |
Bab 79: Persahabatan
781 |
Apakah
yang sukar di dunia ini untuk diperoleh seperti persahabatan? Dalam
menghadapi musuh yang keji pertahanan apakah yang lebih baik yang dapat
diperoleh seseorang. |
782 |
Persahabatan
orang bijak adalah seperti bulan yang baru muncul, tapi seperti bulan
purnama, persahabatan orang bodoh akan cepat pudar. |
783 |
Persahabatan
dengan orang baik adalah seperti kesenangan dalam mengkaji buku yang baik,
semakin banyak kita belajar, semakin banyak kita tahu. |
784 |
Persahabatan
bukan untuk bahan tertawaan dan bersenang- senang. Persahabatan dimaksudkan
untuk menegur kesalahan dengan nasehat yang pedas. |
785 |
Persahabatan
tidak memerlukan tempat tinggal bersama dan tidak memerlukan pertemuan yang
sering diadakan, hubungan batin menciptakan hak atas persahabatan. |
786 |
Persahabatan
bukanlah apa yang terang benderang seperti senyum, persahabatan adalah apa
yang bersinar-sinar seperti kegembiraan jiwa. |
787 |
Persahabatan
memberikan perlidungan pada saat bahaya dan kehancuran, menuntun ke jalan
yang benar dan berbagi kemalangan? |
788 |
Persahabatan
yang tulus dengan cepat mengatasi kesedihan persis seperti tangan yang dengan
cepat membenahi pakaian yang kedodoran. |
789 |
Apakah
mahkota persahabatan itu? Ini adalah kekuatan yang tanpa perubahan memberikan
dukungan pada semua kemungkinan kesempatan. |
790 |
Persahabatan
tidak memperlihatkan sikap keji meskipun ketika berucap, “Aku begitu
menyayanginya dan demikian juga aku begitu disayangi”. |
Bab 80: Menguji
Persahabatan
791 |
Tidak
ada yang lebih buruk daripada persahabatan yang dijalin dengan tergesa-gesa
tanpa mengujinya dengan semestinya, karena setelah terjalin hubungan itu
sulit diakhiri. |
792 |
Orang
yang menjalin persahabatan tanpa berpikir panjang dan mengulangi pertayaannya
akan menimbulkan penderitaan besar bagi dirinya sendiri |
793 |
Jalinlah
persahabatan dengan seseorang sesudah memastikan karakternya, asal-usulnya,
kelemahannya dan seluruh kerabatnya. |
794 |
Dengan
pengorbanan apa pun, jadikanlah sahabat baik, seseorang yang asal-usulnya
mulia, dan malu berbuat kesalahan. |
795 |
Mereka
adalah teman baik jika mereka menunjukan kesalahanmu dan membuat anda
menyesalinya dengan airmata membimbing anda kejalan benar. |
796 |
Adakah
cara menguji sahabat seperti datangnya kemalangan? Ini adalah cara yang benar
mengukur nilai sahabat. |
797 |
Adalah
berkat bagi seorang jika dia tidak lagi berteman dengan dan menjauhi orang
yang bodoh. |
798 |
Jangan
memikirkan hal-hal yang menyedihkan hatimu, jangan sekali-kali berteman dengan
penghianat dalam kesusahan. |
799 |
Sahabat
yang meninggalkanmu dalam kesusahan dan bencana, baru memikirkan mereka saja
sudah membakar hati bahkan pada saat mati. |
800 |
Orang
yang wataknya sempurna memeluk kita sebagai sahabat, bahkan mau berkorban untuk
menjauhkan teman yang jahat. |
No comments:
Post a Comment